BPJS DAN ASURANSI SWASTA BAGAIKAN ANGKUTAN UMUM DAN MOBIL PRIBADI

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman mengirim Whatsapp. Ia menanyakan bagaimana pengaruh BPJS terhadap bisnis asuransi swasta. Apakah dengan adanya BPJS lantas menurunkan permintaan terhadap asuransi kesehatan swasta?

Jika dianalogikan, BPJS itu seperti angkutan umum sedangkan asuransi swasta seperti mobil pribadi. Angkutan umum memang harus ada di negeri ini untuk memenuhi mobilitas masyarakat. Naik angkutan umum memang sangat sangat sangat jauh lebih murah daripada naik mobil pribadi. Tapi penjualan mobil pribadi setiap tahun selalu ada dari Sabang sampai Merauke. Mengapa?

Untuk dapat memiliki mobil pribadi padahal tidak murah. Harus isi bensin sendiri, harus ganti oli secara berkala, harus bayar perpanjangan STNK, harus perawatan mesin, harus bayar parkir per jam bahkan bayar asuransi mobil per tahun. Sedangkan naik angkutan umum kan tidak perlu pusing dengan semua biaya-biaya tersebut. Alasannya sederhana : nyaman! Ya, banyak orang rela keluar uang lebih banyak untuk membeli mobil pribadi karena mereka menginginkan kenyamanan.

Jadi kalau ada orang yang bilang premi asuransi swasta itu lebih mahal dibandingkan BPJS, maka orang itu benar. Tidak akan saya bantah. Lah ya jelas lebih mahal, kan mau nyaman kan ya? Badan cenat-cenut bisa langsung masuk kamar rawat inap selama kamar RS masih ada yang kosong. Tenaga perawat cenderung lebih ramah karena dibayar sesuai tarif. Obatnya boleh mengkonsumsi hasil dari penelitian-penelitian yang terbaru. Sedang berada di luar domisili bahkan di luar negeri pun bisa berobat. Plus kalau punya agent yang profesional, urusan klaim pasti akan dibantu semaksimal mungkin.

Kalau ada orang yang biasa naik mobil pribadi tapi ogah keluar duit lebih untuk punya asuransi swasta ya tidak apa-apa. Tapi sebagai pengguna angkutan umum sejati, saya sih tahu benar resikonya. Mulai dari harus menunggu kedatangan si angkutan umum yang tidak terprediksi berapa lamanya, kemudian begitu datang belum tentu saya dapat tempat duduk, berdiri pun belum tentu saya bisa bernafas dengan lega karena kanan kiri sesak dengan penumpang lain yang berjejal dan parahnya penumpang bisa tiba-tiba diturunkan di tengah jalan atau ditransfer ke angkutan lain.

Ya secara keseluruhan bisa dikatakan bahwa BPJS tidak mengurangi pertumbuhan bisnis asuransi swasta. Dengan adanya BPJS justru membuat banyak orang lebih melek soal asuransi. Program BPJS harus tetap ada bagi kebaikan banyak rakyat kecil dan orang-orang yang kebetulan tidak memenuhi syarat kesehatan untuk menjadi nasabah asuransi swasta.
Jika saat ini kemampuan budget belum sanggup untuk memiliki asuransi swasta, bekerjalah dengan lebih giat demi meningkatkan kemakmuran diri sendiri dan keluarga.

Namun jika kebetulan ada orang-orang yang bisa nongkrong ratusan ribu Rupiah di cafe, ratusan ribu Rupiah di salon, jutaan Rupiah di mall, dsb, tapi untuk urusan asuransi kesehatan merasa cukup dengan premi yang puluhan ribu Rupiah saja maka semoga dapat tersadar bahwa kenyamanan di saat tubuh sedang sakit akan jauh lebih diharapkan daripada di saat masih sehat.

 

Cara Bijak Mengatur Keuangan Pribadi

mengelola-keuangan“Waduh, masih 1 minggu lagi gajian tapi kantong dah sekarang nih!!!”

Pernah mengalami hal serupa? Mungkin saja!

Pertanyaannya, apakah masalah ini disebabkan karena gaji kecil atau ketidakmampuan dalam mengatur keuangan? Dari sebagian besar kasus, ketidakmampuan dalam mengatur keuangan lebih andil besar dalam situasi ini.

Coba perhatikan: Pada saat Anda dapet gaji, apa yang Anda lakukan? Bersenang-senang bukan? Read more

Saya Benci Banget Sama (Agen) Asuransi,,, Really?

Benci-Agen-AsuransiPernah gak denger orang bilang:

“Saya benci banget sama asuransi! Gw ditelponin terus, kaya ada utang aja!”

Pasti pernah? Atau bahkan Anda sendiri yang mengucapkan hal tersebut?

Well, pertanyaan saya: sebenarnya yang kamu benci itu asuransinya atau agen yang jual asuransinya?

Yang kita tidak suka itu ‘kelakukan‘ agen yang jual asuransi dengan cara yang terlalu agresif sebab jika kita mau jujur dengan diri sendiri, sebenarnya kita tau bahwa punya asuransi itu PENTING!

Contoh: Jika orang tua Anda sakit yang cukup parah, contohnya sakit jantung, Anda tau berapa biaya 1x operasi? 200 juta! Belum lagi Anda harus check up rutin.

Yakin Anda sanggup membiayai semuanya sendirian? Read more

Usaha Modal Kecil Untung Besar, Emang Ada? Ada!

Buka_Usaha-300x234Tiap hari, tak kurang dari 1000 orang mengetikan di Google “Usaha Modal Kecil Untung Besar”, pertanyaannya emang ada hal seperti itu?

ADA!

Tetapi, Anda harus jeli dalam melihat peluang sebab jika tidak yang ada malah Anda rugi bukan untung.

Biasanya usaha yang membutuhkan modal kecil dan punya potensi untung besar adalah usaha yang bergerak di bidang jasa, contohnya broker properti, konsultan pendidikan, konsultan marketing, dll karena jenis pekerjaan ini tidak membutuhkan start up cost (untuk beli peralatan ini itu yang mahal). Modal utamanya adalah kemampuan untuk meyakinkan orang lain!

Note: Perlu Anda tau yang namanya modal kecil itu Read more

Mindset yang Salah Tentang Uang

Mindset-yang-salah-tentang-uang-278x300‘Uang bukanlah segalanya…’

‘Dia kan kaya karena korupsi’

‘Orang kaya istrinya banyak’

‘Mengapa ya kok saya begitu dapet duit, cepet banget habisnya?’

‘Kalo di dompet saya ada duit banyak, pasti langsung habis’

Apa pernah Anda mendengar kalimat di atas dalam kehidupan sehari-hari? Atau Anda punya keyakinan yang serupa?

Jika Anda sering mendengar kalimat diatas atau bahkan Anda memiliki keyakinan seperti di atas, besar kemungkinan keadaan keuangan Anda sekarang biasa-biasa saja!

Lho, mengapa? Karena secara tidak sadar, Anda percaya bahwa orang yang punya uang adalah orang yang jahat!

Mari saya jelaskan satu per satu:

Butuh_Uang

Mindset 1: ‘Uang bukanlah segalanya…’

Banyak sekali orang punya keyakinan seperti ini. Seolah-olah uang tidak penting sama sekali. Parahnya keyakinan ini diperkuat dengan satu ayat di kitab suci yang berbunyi: Cinta uang adalah akar dari segala kejahatan. (1Tim 6:10). Karena Anda gak mau ‘melakukan kejahatan’ so gak perlu cari uang yang gimana banget, ya gak?

Tapi coba deh jujur, Anda bangun pagi, ke kantor, macet-macetan, kerja lembur dari Senin sampe Jumat (kadang Sabtu masuk juga), untuk cari apa sih? Uang kan!

Kalo memang uang gak penting, kenapa gak habisin waktu dengan keluarga dari pagi sampe malem, baru sesekali kerja, kan keluarga yang nomor 1? Read more

Benarkah Jualan Asuransi = Nguntungin Orang Lain?

Ambil_UntungSebagian besar orang menganggap bahwa jualan asuransi itu:

  • nguntungin orang lain
  • bahagian di atas penderitaan orang lain

Apa bener demikian? Ya nggak lah!

Coba Anda ke pergi belanja, misal belanja ke supermarket: Apa Anda gak di untungin oleh si yang punya supermarket?

Contoh lain: Anda mau ke bengkel benerin mobil, apa yang punya bengkel gak ambil keuntungan atas jasa yang dia kasih? Read more