Mindset yang Salah Tentang Uang

Mindset-yang-salah-tentang-uang-278x300‘Uang bukanlah segalanya…’

‘Dia kan kaya karena korupsi’

‘Orang kaya istrinya banyak’

‘Mengapa ya kok saya begitu dapet duit, cepet banget habisnya?’

‘Kalo di dompet saya ada duit banyak, pasti langsung habis’

Apa pernah Anda mendengar kalimat di atas dalam kehidupan sehari-hari? Atau Anda punya keyakinan yang serupa?

Jika Anda sering mendengar kalimat diatas atau bahkan Anda memiliki keyakinan seperti di atas, besar kemungkinan keadaan keuangan Anda sekarang biasa-biasa saja!

Lho, mengapa? Karena secara tidak sadar, Anda percaya bahwa orang yang punya uang adalah orang yang jahat!

Mari saya jelaskan satu per satu:

Butuh_Uang

Mindset 1: ‘Uang bukanlah segalanya…’

Banyak sekali orang punya keyakinan seperti ini. Seolah-olah uang tidak penting sama sekali. Parahnya keyakinan ini diperkuat dengan satu ayat di kitab suci yang berbunyi: Cinta uang adalah akar dari segala kejahatan. (1Tim 6:10). Karena Anda gak mau ‘melakukan kejahatan’ so gak perlu cari uang yang gimana banget, ya gak?

Tapi coba deh jujur, Anda bangun pagi, ke kantor, macet-macetan, kerja lembur dari Senin sampe Jumat (kadang Sabtu masuk juga), untuk cari apa sih? Uang kan!

Kalo memang uang gak penting, kenapa gak habisin waktu dengan keluarga dari pagi sampe malem, baru sesekali kerja, kan keluarga yang nomor 1?

Ginilah, mungkin memang uang bukan yang segala-galanya, tapi segalanya butuh uang!

Mindset no. 2: ‘Dia kan kaya karena korupsi’

Kita semua tau bahwa korupsi itu dosa. Karena kita tidak mau berdosa ya jangan jadi orang kaya… benarkah demikian?

Kenyataanya, banyak orang kaya dengan cara yang baik (Halal). Yang berdosa itu kalo Anda jadi kaya dengan merugikan orang lain.

Mindset no. 3: ‘Orang kaya istrinya banyak’

Pernah denger Tukang becak, kuli bangunan, sopir (well, gak semua ya) banyak istrinya?

Yang salah bukan karena dia kaya atau tidak, ini balik kepada individu masing-masing. Kalo memang dari tabiatnya jelek, mau kaya atau miskin tetap aja bisa punya banyak istri. Oke?

Mindset 4: ‘Mengapa ya kok saya begitu dapet duit, cepet banget habisnya?’

Maka terjadilah!

Kan ada tertulis, “Mintalah maka kau akan diberi”. Karena kita mintanya ‘begitu dapet duit, cepet habisnya’ maka terjadilah demikian.

Cobalah ubah perkataan Anda: ‘Begitu dapet duit, saya investasikan biar berlipat-lipat :)

Mindset no. 5: ‘Kalo di dompet saya ada duit banyak, pasti langsung habis’

Penjelasannya sama dengan yang di atas ya.

Masih punya mindset yang salah/kurang pas tentang uang? Silakan isi form di bawah ini biar kita perbaiki sama-sama.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *